Apakah iklan televisi (TVC) masih relevan di era digital sekarang? Saat ini, dengan adanya media sosial dan berbagai saluran online lainnya, banyak bisnis beralih ke upaya pemasaran digital, membuat orang berpikir bahwa iklan TV tradisional telah kehilangan pengaruhnya.
Namun, meskipun ada perubahan ini, iklan TV masih memiliki relevansi dan efektivitasnya di dunia digital saat ini. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi mengapa TVC masih berperan penting sebagai senjata periklanan yang berharga.
1. Faktanya masih banyak orang menonton TV
Betul, walaupun kamu mungkin sudah mulai beralih ke YouTube atau TikTok, namun nyatanya di Indonesia banyak orang yang masih menonton TV, contohnya seperti saat ada event atau pertandingan bola. Kadang juga hanya sekedar untuk background noise saja agar rumah tidak terasa sepi. Jadi, keunggulan besar dari iklan TV adalah kemampuannya untuk menjangkau khalayak yang sangat luas secara bersamaan. TV dapat menjangkau penonton yang lebih luas, termasuk mereka yang mungkin tidak menggunakan media sosial atau tidak memiliki akses internet. Dengan demikian, bisnis masih bisa mencapai banyak pelanggan potensial.
2. Kredibilitas Brand
Brand yang berada di TV sudah pasti brand besar. Menampilkan produkmu di layar TV sudah pasti dilihat oleh seluruh rakyat Indonesia, dan kredibilitas brand mu sudah pasti naik setara dengan brand besar lainnya. Iklan di TV juga mampu menciptakan hubungan dengan penonton, sesuatu yang seringkali sulit dicapai oleh konten media sosial, karena sosial media begitu cepat (fast-paced) dan seringkali kita hanya skimming.
3. Iklan TV Seringkali Di Ulang-ulang
“Aku dan kau, suka Dancow”. “Mie burung dara, enaknya nyambung terus”. Kamu pasti bisa membaca kalimat ini dengan nada bukan?
Itulah seberapa efektifnya iklan TV. Brand Dancow dan Burung Dara secara otomatis sudah mendapatkan brand awareness yang sangat luas, bahkan kamu sendiri pun ingat. Ini dikarenakan iklan TV seringkali di ulang-ulang dan karena itulah brand tersebut bisa tertanam di otak kita secara efektif. Dibandingkan dengan konten digital yang seringkali kompleks dan banyak, TVC memiliki durasi yang singkat, biasanya sekitar 30 detik hingga 1 menit. Pesan yang padat dan singkat ini memudahkan penonton untuk memahami maksud dari iklan tersebut, terutama jika disajikan dengan cara yang menarik.
4. Brand Presence dan Omnimarketing
Iklan di TV juga merupakan alat yang efektif untuk memperkuat identitas merek. Dengan konsistensi dalam pesan dan gaya, iklan di TV membantu merek memperkuat ciri khasnya, baik itu sebagai merek yang kocak, serius, menyentuh, atau inspirasional. Dengan membangun identitas yang kuat, merek dapat membangun kepercayaan penonton, yang merupakan aspek kunci dalam membangun hubungan jangka panjang.
5. Pelengkap Tools Marketing
Terakhir, penting untuk diingat bahwa iklan TV bukanlah satu-satunya strategi pemasaran yang efektif. Iklan di TV seharusnya berjalan sejalan dengan upaya-upaya digital. Dengan menggabungkan iklan di TV bersamaan dengan media sosial dan platform digital lainnya, bisnis dapat menciptakan strategi iklan yang kohesif, mencapai pelanggan dengan cara yang lebih luas dan beragam.
Baca Juga: Natal 2023: Inilah 9 Strategi Diskon Untuk Bisnismu 2023
Kesimpulan
- Iklan TV Masih Relevan dan Efektif: Di era multichannel saat ini, iklan di TV masih relevan dan efektif, meskipun ada banyak keuntungan dari saluran digital.
- Kredibilitas Brand: Iklan di TV tetap menjadi alat berharga bagi bisnis yang ingin menjangkau audiens luas dan membangun identitas merek yang kuat.
Jadi itu kenapa brand-brand besar seperti Indomie, Aqua, Le Minerale, dan brand besar lainnya masih membayar iklan di TV. Walaupun mereka sudah terkenal, tapi mereka tetap mau mempertahankan kredibilitas brand dan top of mind awareness brand mereka di Indonesia. Selain itu, memang ada sekitar 5-10% budget marketing yang sudah dialokasikan untuk marketing per tahunnya, dan salah satunya beriklan di billboard, TV, dan lain-lain.
Kamu bisa lihat contoh budget iklan di Indonesia disini: 15 Iklan TV Indonesia Terbaik dan Berhasil hingga 2022 (monsterstudio.net)
Jika kamu tertarik untuk membuat iklan TV, AdPlay siap memproduksi iklan TV pertama mu. Kami sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam industri produksi kreatif dan karya kami tersebar di seluruh Indonesia. Sudah siap membuat iklan? Ayo kita bahas ide untuk iklan TV pertama mu! Jangan ragu untuk contact kami dan konsultasikan ide mu secara gratis.